Kamis, 06 Juni 2013

contoh ANALISA JURNAL

ANALISA JURNAL


1.      Judul jurnal
Hubungan Tingkat Stres Dan Strategi Koping Pada Pasien Yang Menjalani Terapi Hemodialisa
2.       Kata kunci
 stress, coping strategies, hemodialysis
3.      Penulis Jurnal
 Yunita Sari, Veny Elita, Riri Novayelinda
4.      Latar belakang masalah
Kasus penderita gagal ginjal kronik (GGK) di dunia cukup tinggi. Pada tahun 2006 di seluruh dunia terdapat 1,1 juta orang menjalani dialisis kronik, serta diproyeksikan pada tahun 2010 menjadi lebih dari 2 juta orang (Yayasan Ginjal Diatrans Indonesia (YGDI), 2001). Grassman (2005), mengatakan bahwa pada akhir tahun 2004 terdapat 1.783.000 penduduk dunia yang menjalani perawatan ginjal akibat gagal ginjal kronik, diantaranya 77% dengan cuci darah dan 23% dengan transplantasi ginjal. Indonesia termasuk negara dengan tingkat penderita gagal ginjal yang cukup tinggi. Berdasarkan data dari Persatuan Nefrologi Indonesia (Perneftri) (2004), diperkirakan ada 70.000 penderita gagal ginjal kronik di Indonesia dan yang terdeteksi sedang menjalani hemodialisa berjumlah 4.000-5.000 penderita.

5.      Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa dan untuk mengetahui koping yang digunakan pada pasien hemodialisa, serta untuk mengetahui hubungan tingkat stress dengan strategi koping pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa

6.      Metodelogi penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasi. Hubungan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu antara tingkat stres dan stretegi koping pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa.dan pendekatan yang peneliti pilih yaitu cross-sectional dimana data hanya diambil pada satu satu waktu. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah pasien yang menjalani terapi hemodialisa diruangan hemodialisa RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dengan jumlah tiap bulan sebanyak 83 orang. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri, berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya menurut Notoadmodjo (2005), dengan jumlah minimal 30 responden.

7.      Hasil penelitian
Setelah dilakukan penelitian tentang hubungan tingkat stres dengan strategi koping mahasiswa pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa di RSUD Arifin Ahmad diketahui bahwa tingkat stres pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa di RSUD Arifin Ahmad berada dalam kategori ringan sebanyak 9 orang (81,8%) menggunakan strategi koping yang adaptif, dan 2 orang (18,2%) menggunakan strategi koping yang maladaptif, sedangkan kategori berat sebanyak 6 orang (31,6%) menggunakan strategi koping yang adaptif, dan 13 orang (68,4%) menggunakan strategi koping yang Dari uji statistic Chi-Square, diperoleh p 0,023 < alpha 0,05. Diperoleh kesimpulan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat stres dan strategi koping pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa. Dari hasil yang didapatkan pada penelitian ini, Sehingga dapat dianalisa oleh peneliti, bahwa semakin adaptif koping seseorang maka semakin ringan tingkat stres yang dimilikinya, dan begitu juga sebaliknya maladaptif.
8.      Kelemahan penelitian yang di dapat pada jurnal ini, yaitu :
1)   Penelitian hanya tidak menjelaskan lama waktu penelitian yang dilakukan
2)   Desain penelitian hanya menggunakan cross sectional yaitu data hanya diambil pada satu satu waktu.
3)  Sampel penelitian hanya 30 orang sehingga kemungkinan bias masih besar


9.      Kelebihan penelitian yang di dapat pada jurnal ini, yaitu :
1)      Dapat menggambarkan secara jelas tingkatan stres yang dialami pasien hemodialisa
2)      Menggunakan teknik proposif sampling yaitu sampel yang diambil berdasarkan kententuan peneliti sehingga dapat menghemat biaya penelitian

10.  Manfaat penelitian yang di dapat pada jurnal ini bagi kesehatan, yaitu :
1)      Dapat menjadi sumber rujukan sebagai upaya promotif dan preventif terhadap terjadinya stres pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa.
2)      Bagi rumah sakit dapat rujukan untuk pengelolan majemen stres pada pasien hemodialisa
3)      Dapat menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya

4)      Bagi perawat memberikan litiratur dalam pemberian asuhan pada pasien hemodialisa yang mengalmi stres akibat penyakitnya.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Mba jurnal nya mana?

Arthur Bima Hendrawan mengatakan...

Hai saya dari masa depan 2019, jurnalnya sepertinya sih ini ya https://www.academia.edu/3344571/HUBUNGAN_TINGKAT_STRES_DAN_STRATEGI_KOPING_PADA_PASIEN_YANG_MENJALANI_TERAPI_HEMODIALISA

Anonim mengatakan...

WOKE

Sunbw mengatakan...

Halo saya dari masa depan, terimakasih mas